Beasiswa S2 Di Polandia “Ignacy Łukasiewicz 2018” Sudah Dibuka! Yuk Daftar :)

Teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan master atau S2 di Eropa, bisa mencoba mendaftar beasiswa “Ignacy Łukasiewicz 2018”, yaitu program beasiswa S2 di universitas-universitas di Polandia.

Beasiswa ini besarannya 1500 PLN (złoty) perbulan sampai lulus, yang cukup untuk membiayai biaya hidup di Polandia. Pada bulan pertama kuliah S2, kamu akan mendapatkan tambahan 500 PLN. Juga pada bulan terakhir kamu kuliah S2, kamu akan mendapatkan tambahan 500 PLN. Beasiswa ini tidak mengcover biaya pesawat pulang-pergi.

Untuk lebih jelasnya mengenai biaya hidup di Polandia bisa membaca artikelku di Jawa Pos https://www.jawapos.com/read/2017/10/31/165629/catatan-mahasiswi-baru-di-polandia-hidup-di-krakow-mirip-dengan-jogja dan menonton videoku di 

dan

Untuk memahami bagaimana sistem beasiswa ini, lengkapnya bisa membaca di link berikut https://nawa.gov.pl/en/nawa/news/320-call-for-applications-4th-edition-of-ignacy-lukasiewicz-scholarship namun akan aku jelaskan sedikit dalam bahasa Indonesianya.

Periode pendaftaran beasiswa ini ialah mulai 12 Maret 2018 sampai dengan 11 Mei 2018, dengan mengupload berkas-berkas yang diperlukan ke website NAWA (dibaca NAFA) (Polish National Agency For Academic Exchange).

Nah, apakah kamu memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa ini?

Jika kamu..

  • Warga negara Angola, Chile, Colombia, Ethiopia, India, Indonesia, Kenya, Mexico, Myanmar, Nigeria, Palestine, Peru, The Republic of South Africa, The Philippines, Senegal, Tanzania, dan Vietnam.
  • Lulus S1 pada tahun 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018 dalam bidang exact sciences, natural sciences, technology, agriculture, forestry dan veterinary medicine
  • Tidak memiliki gelar master
  • Memiliki sekurang-kurangnya sertifikat Bahasa Inggris Level B2
  • Bukan lulusan dari universitas di Polandia

Maka selamat! Kamu bisa mendaftar beasiswa ini.

Beasiswa ini seleksinya sangat simpel, karena hanya melalui satu tahapan seleksi yakni seleksi berkas saja. Tidak ada wawancara, tidak perlu memiliki LoA (Letter of Acceptance / Surat Penerimaan) dari Universitas karena skema beasiswa ini ialah kamu diterima dulu beasiswanya, setelah itu berangkat ke Polandia untuk belajar bahasa Polandia secara gratis selama 1-2 semester tergantung keinginan.

Misalnya, jika kamu ingin mengambil S2 dengan pengantar bahasa Inggris, maka kamu cukup belajar bahasa Polandia selama 1 semester. Jika kamu ingin mengambil S2 dengan pengantar bahasa Polandia, kamu harus menambah belajar bahasa Polandia menjadi total 2 semester.

Kamu harus mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan ke website NAWA (https://programs.nawa.gov.pl/login) seperti medical certificate lengkap dengan cek TBC dan narkoba, juga sertifikat bahasa Inggris level B2. Terdapat pilihan sertifikat bahasa Inggris, namun yang populer di Indonesia ialah

  • International English Language Testing System (Academic) IELTS — at least 6 points.
  • Test of English as a Foreign Language (TOEFL IBT) — at least 87 points in Internet-Based Test (iBT)
  • Test of English as a Foreign Language (TOEFL CBT) — at least 180 points in Computer-Based Test (CBT), supplemented by at least 50 points from Test of Spoken English (TSE)
  • Test of English as a Foreign Language (TOEFL PBT) — at least 510 points in Paper-Based Test (PBT) supplemented by at least 3,5 points from Test of Written English (TWE) and supplemented by at least 50 points from Test of Spoken English (TSE)
  • Test of English for International Communication (TOEIC) — supplemented by at least 700 points

Bagi yang belum punya sertifikat bahasa Inggris B2, ayo belajar dengan giat, saranku jika kalian memilih IELTS, kerjakan buku IELTS dari Cambridge secara rutin, habiskan bukunya kalau bisa, setelah itu beranikan diri mengambil testnya. Masih ada waktu sampai 11 Mei 2018, ayo semangat!

Selain berkas tersebut, kamu juga harus mengupload proposal riset S2 (format sudah disediakan di website NAWA), dengan pilihan jurusan dan universitas yang kamu tuju. Ingat, kamu tak perlu mencari supervisor / profesor ataupun mendapatkan surat penerimaan universitas yang dituju, cukup menuliskan pilihanmu di formulir pendaftaran karena sistem beasiswa ini ialah kamu mendaftar beasiswa dahulu, setelah mendapat beasiswanya baru kamu bisa mendaftar kampus sambil kelas bahasa Polandia di Polandia.

Bingung memilih kampus dan jurusan apa saja di Polandia? Kamu bisa menggunakan website-website ini untuk mengetahui ranking kampus dan jurusan di Polandia

Selain itu jangan lupa buka web kampusnya juga, seperti salah satunya

 

Yang terpenting, jika kamu ingin kuliah dengan bahasa Inggris, bisa pastikan dulu dengan membuka website universitas, lihat apakah jurusan yang kamu suka terdapat program pengantar bahasa Inggris. Kalau masih bingung bisa translate website yang berbahasa Polish menggunakan google translate, ataupun menghubungi pihak penerimaan universitas ataupun pihak NAWA melalui alamat email yang telah tercantum di websitenya.

Setelah mengupload semua berkas yang dibutuhkan di website NAWA, banyak berdoa dan sabar menunggu sampai pengumuman tiba, tanggal 14 Agustus 2018. Oh iya, bagi yang ingin berteman dengan sesama pelamar, dan juga bertanya dengan awardee tahun sebelumnya, bisa langsung gabung di grup telegram https://t.me/ignacywannabe4 dan grup facebook https://web.facebook.com/groups/1169828479704122/ . Happy applying! 🙂

 

 

Post Author: Altifani R. Hayyu

6 thoughts on “Beasiswa S2 Di Polandia “Ignacy Łukasiewicz 2018” Sudah Dibuka! Yuk Daftar :)

    Waki

    (August 16, 2018 - 8:38 am)

    Kajian ilmu2 humaniora atau sosial gak bisa yah kak?

      Altifani R. Hayyu

      (August 16, 2018 - 10:03 am)

      Untuk beasiswa ini ngga bisa

    Andreas

    (September 30, 2018 - 5:26 pm)

    Aku lulus logistik,tapi apakah ada kesempatan untuk dapat beasiswa selain Ignacy Łukasiewicz untuk logistik ka?
    Karena aku lihat tidak ada beasiswa untuk logistik T_T

      Altifani R. Hayyu

      (November 4, 2018 - 9:00 pm)

      bidang logistik itu apa masih nyambung dengan teknik industri / teknik sipil? kalau masih rumpun teknik bisa dengan beasiswa ignacy. daftar saja ignacynya. untuk beasiswa lainnya bisa pakai erasmus+

    Neilshan Loedy

    (March 27, 2019 - 3:45 am)

    Hai kak. Nama saya Neilshan, saya baru lulus dari salah satu universitas di Bandung dengan background Matematika. Mau tanya tanya perihal beasiswa ini, boleh saya email? Thanks

      Altifani R. Hayyu

      (March 30, 2019 - 11:55 am)

      bisa langsung gabung di grup pelamar 2019, cek linknya di ig @ppi.polandia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *