Bagaimana Menggunakan Waktu – 2

Bagaimana Menggunakan Waktu? – 2]
@TifaniHayyu
Salah satu cara menggunakan waktu yang baik ialah menggunakan skala prioritas. Penjelasan kuadran satu dan dua beserts gambarnya sudah ada di tulisan pertama.

Lanjut ke kuadran yang ketiga, yakni tidak penting dan mendesak. Contohnya kamu sedang asyik belajar, tetapi dapat panggilan telepon dari seseorang yang biasanya dia itu suka ngajak ngobrol gitu, atau kamu dapat email dari seseorang. Bisa juga dapat pekerjaan baru dari bosmu yang biasanya tugas ini tidak pernah kamu lakukan. Hal ini biasanya penting bagi mereka, tapi tidak bagi kita. Tetapi mau gak mau harus kita lakukan demi persahabatan dan hubungan kerja yang baik.

Kuadran keempat yakni tidak penting dan tidak mendesak. Contohnya ialah kamu kangen sama seseorang, lalu chatting dengan dia, asyik sekali semalaman. Bisa juga hangout bareng teman ke suatu tempat yang seru. Atau ikutan workshop keahlian tertentu. Ini bagus-bagus aja sih, tetapi kuadran ini bisa menghabiskan waktumu jika kamu keseringan melakukannya. Oleh karena itu, coba kurangi kegiatan seperti ini sehingga kewajibanmu tidak terbengkalai. Otomatis kamu harus menunda dulu kuadran empat sampai kuadran satu, dua, dan tiga selesai dikerjakan.

Waktu itu mirip pisau dapur, jika tidak diasah (digunakan dengan maksimal) maka menjadi tumpul (rugi).

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *