Api Kehidupan

[Api Kehidupan]
@TifaniHayyu
Alam ini memang begitu kaya, kaya dengan segala kompleksitasnya. Bumi dan langit semuanya diciptakan bukan tanpa tujuan. Selain elemen-elemen air dan angin yang telah dibahas kemarin, elemen api juga memegang peran penting dalam kehidupan kita. Bayangkan jika tidak ada api, maka air matang untuk minum sehari-hari tidak bisa kita dapatkan. Api juga merupakan salah satu bentuk energi yang dapat kita manfaatkan untuk menghangatkan badan di pegunungan.

Tetapi, apa jadinya jika ada api menyerang membesar sampai tak terkira? Bahkan panasnya besar sekali sampai 70 kali lebih panas dari api di dunia! Itulah yang dimaksud dengan api neraka.

Gambaran mengenai api neraka ini telah dijelaskan dalam QS. Al-Hajj: 19 yang artinya:
“Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka, orang kafir akan dibuatkan untuk pakaian-pakaian mereka yang terbuat dari api neraka. Lalu, disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.”

Bahkan selimut dan tikar di neraka juga terbuat dari api, seperti yang dijelaskan pada QS. Al-A’raf: 41 yang artinya: “Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka terdapat selimut (yang terbuat dari api neraka).”

Nauzubillahi min zalik! Tentunya kita tidak mau tidur di neraka, karena sangat menderita. Setiap hari disuguhi api panas membara yang tak bisa dibayangkan betapa besar panasnya. Semoga kita bukan termasuk orang yang menghuni neraka, dan dapat meraih jannah-Nya. Semoga kita menjadi generasi yang bertaubat demi mendapat ridha Allah SWT dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan sunnah. Semoga kita menjadi api kehidupan yang bermanfaat menerangi sekelilingnya

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *