Siklus Kehidupan Manusia – 2

[Siklus Kehidupan Manusia – 2]
@TifaniHayyu
Ini merupakan siklus hidup manusia pada umumnya, yang mungkin saja pernah kamu renungkan (foto lihat di seri 1). Dari lahir sampai tua ingin sukses dengan menempuh pendidikan tinggi, pekerjaan yang mapan, dan memiliki keturunan yang elok.

Kawan, bukan itu pesan yang ingin aku sampaikan. Tetapi, apakah kamu pernah merenungkan siklus tersebut dengan mempertanyakan dengan cara apa kamu menjalaninya? Apakah menjalaninya dengan berharap cinta kepada manusia dan kehidupan duniawi saja, ataukah cinta kepada Allah dan kehidupan di akhirat?
Dari hadist HR. Ibnu Majah, Rasulullah bersabda ‘Zuhudlah engkau pada dunia, pasti Allah mencintaimu dan zuhudlah engkau pada apa yang dicintai manusia, pasti manusia mencintaimu.’ Zuhud adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk kehidupan akhirat.

Lalu Rasul juga bersabda: ‘Orang yang zuhud dari segala kesenangan dunia menjadikan hatinya nyaman di dunia dan akhirat. Sedangkan orang yang mencintai dunia hatinya menjadi resah di dunia dan akhirat.’ Kawan, marilah kita sadari bahwa orang yang tinggal di dunia ini analogi dengan tamu yang akan pergi, sedangkan sesuatu yang ia miliki adalah pinjaman yang harus dikembalikan.
Mari kita bijak memanfaatkan waktu kita dengan baik selama hidup di dunia, karena dunia ini dibenci oleh orang yang mencintai Allah, tetapi dicintai oleh para penggemar dunia.

Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa yang menjadikan akhirat sebagai cita-citanya, maka Allah akan menyatukan kemauannya, hatinya dijadikan merasa kaya dan dunia datang kepadanya dengan memaksa. Sedangkan barangsiapa yang bercita-cita mendapatkan dunia, maka Allah menjadikan kemauannya berantakan, kemiskinan senantiasa membayang di pelupuk matanya, dan dunia hanya didapatnya sekadar apa yang telah ditaqdirkan baginya.”

Depok, 22 Juli 2017
Ditulis saat mengerjakan tugas Hadits.

Follow akun Tausiyah Islam harian @HandsockJersey (Jual handsock jersey premium, klip hijab, bros magnet, peniti anti nyangkut, khimar, dll).

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *