Setiap Orang Ingin Merubah Dunia, Tetapi..

[Setiap Orang Ingin Merubah Dunia, Tetapi..]
@TifaniHayyu
Indonesia memiliki potensi alam yang melimpah dan penduduk usia produktif yang banyak. Namun, kelebihan tersebut masih belum dimanfaatkan dengan baik, buktinya kita masih dalam kategori negara berkembang. Hal ini dikarenakan kita masih sulit berbuat sesuatu agar menjadi pribadi yang lebih baik. Kita bisa ambil contoh tentang kebersihan di fasilitas umum maupun tempat rekreasi. Walaupun sudah diberi papan peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan, tetapi masih ada saja yang iseng melanggar. Padahal, ketika isu tersebut merebak di media sosial, banyak yang berkomentar jangan buang sampah sembarangan, bahkan terkadang sambil nyinyir, tetapi realisasinya masih nihil. Sehingga muncul pendapat bahwa setiap orang ingin merubah dunia, tapi tak ada seorang pun mau berubah.

Allah SWT berfirman: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra’d 13: Ayat 11).

Dalam surah ini dikatakan bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan atau nasib dari suatu kaum, sampai mereka berusaha mengubah keadaan atau nasib tersebut. Hal ini dapat berarti selama kita tidak melakukan perbuatan maksiat dengan senantiasa taat dan bersyukur kepada Allah, maka Allah tidak akan mencabut nikmat yang telah dilimpahkan-Nya kepada kita. Kembali ke contoh yang tadi. Kebersihan itu juga sebagian dari iman. Maka, menjaga kebersihan pun merupakan bukti ketaatan seorang hamba kepada-Nya. Mari kita berjuang menjadi pribadi yang lebih baik lagi, demi pembangunan Indonesia yang lebih baik lagi.

Follow akun Tausiyah Islam harian @HandsockJersey
#30DWC #day15

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *