Jaringan Itu Ada Dimana-mana

[Jaringan Itu Ada Dimana-mana]
@TifaniHayyu
Jaringan atau networking merupakan sarana untuk menambah teman dan juga wawasan, bonusnya bisa kerjasama dalam bidang tertentu.

Bayangkan jika kamu bertemu dengan katakanlah teman sewaktu di SMA dulu, pasti sekarang ini mereka telah menjadi orang yang berkecimpung di berbagai bidang. Orang-orang inilah yang dapat meningkatkan pemahaman kamu akan berbagai bidang tersebut. Tetapi tak hanya itu, teman saat bersekolah formal baik tingkat dasar sampai menengah juga merupakan jaringan kamu. Bahkan dari berbagai organisasi yang kamu ikuti, jaringan bertumbuh semakin besar. Semakin besar jaringan, semakin besar kesempatan kamu mendapatkan partner bisnis ataupun partner hidup (hehe).

Jika kamu di tempat yang itu itu saja, maksudnya kurang bergaul di kawasan atau kelompok lain, maka relasi kamu hanya sempit di dua atau tiga background akademik yang beragam saja. Sangat disayangkan karena jaringan sangat menentukan kesuksesan. Bahkan kamu bisa mendapatkan pemodalan hanya dari jaringan. Startup saya ternyata banyak yang tertarik menggunakannya, bahkan ada yang tertarik memberi modal.

Maka, jika jaringan ada dimana-mana, maka kesempatan itu juga ada dimana-mana.

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *