Bagaimana Menggunakan Waktu – 1

[Bagaimana Menggunakan Waktu? – 1]
@TifaniHayyu
Waktu itu cuma 24 jam alias 24 jam * 60menit * 60detik = 86400 detik. Mau orang kaya mau orang cukup, semua sama-sama punya porsi waktu yang sama. Lantas, bagaimanakah supaya hidup kita lebih bermakna? Salah satu cara yang efektif ialah manajemen waktu.

Pertama-tama refleksikan dirimu dahulu, tulislah jadwal kegiatan rutin kamu selama seminggu. Setelah itu kamu bisa kelompokkan prioritas berdasarkan 4 kuadran, yakni penting dan tidak mendesak, penting dan mendesak, tidak penting dan mendesak, dan tidak penting dan tidak mendesak. Wah sedikit membingungkan ya? Oke aku kasih contoh.

Kuadran pertama yakni penting dan mendesak. Contohnya ialah kamu mendapatkan pengumuman tes seleksi lowongan kerja di perusahaan ternama dan harus meluangkan waktu besok. Pastinya kamu sangat menginginkan kerja di tempat tersebut, oleh karena itu persiapkanlah semaksimal mungkin.

Kuadran kedua yakni penting dan tidak mendesak. Contohnya ialah deadline tugas wajib minggu depan. Oke ini penting, karena kalau tidak mengerjakan tugas nilaimu bisa nol. Tetapi ini masih seminggu lagi deadlinenya, jadi kamu bisa tunda sejenak, tapi jangan diam saja ya, kerjakan saja dahulu pekerjaanmu di kuadran pertama.

[Bersambung]

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *