Rangkuman Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2017



Indonesia memiliki potensi, tetapi juga memiliki masalah dalam berbagai bidang yang harus kita cari solusinya dengan membentuk startup. Indonesia masih kalah dibandingkan Korea Selatan yang waktu merdeka nya hanya beda 2 hari saja. Korea Selatan sudah menjadi negara maju dalam berbagai hal, tetapi Indonesia masih saja bertitel negara berkembang. Keadaan ini juga disebabkan karena diri kita sendiri yang hanya protes tanpa memberikan solusi konkrit. Mari kita mengembangkan Indonesia melalui startup. Sebuah startup minimal memiliki tim 3 orang yakni hacker (ahli IT), hustler (ahli marketing), dan hipster (ahli desain). Gerakan Nasional 1000 Startup Digital memberikan wadah bagi masyarakat Indonesia untuk membentuk startup. Digagas oleh 11 kementrian untuk menyelesaikan masalah dan mengoptimalkan potensi Indonesia, gerakan ini memiliki target mencetak 1000 startup yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Waktu terbaik untuk memulai membuat startup ialah sekarang. Karena hanya orang-orang keren dan terpilihlah yang mau menghabiskan waktunya di akhir pekan untuk memikirkan nasib bangsa ini kedepan.

Berbagai tips membentuk startup diberikan di acara ini. Seperti ciri-ciri startup yang baik ialah idenya harus bisa diperbesar pasarnya (market sizing), karena bukan bisnis namanya kalau tidak sukses menyelesaikan masalah besar. Bisnis itu harus menyelesaikan masalah, bukan hanya karena hobi. Menurut data, 9 dari 10 startup gagal karena membuat produk yang tidak sesuai kebutuhan orang-orang. Selain itu, jangan terlalu menghabiskan uang untuk marketing produk, tetapi pikirkan juga bagaimana pengembangan suatu produk.

Salah satu tahapan dalam membuat startup ialah membangun MVP (Minimum Viable Product) yang artinya fitur paling minimum dari produk startup yang gunanya untuk memvalidasi produk yang akan dibuat. Untuk startup pemula dapat fokus membangun produk dengan sistem pre-order, atau melalui brosur dahulu, tidak perlu langsung membuat produk jadi, yang penting bisa menjalankan bisnis dengan baik dan di eksekusi. Hal ini lebih baik dibandingkan produk hanya sekedar ide saja. Setelah produk memiliki pelanggan, produk dapat dibangun, lalu di launching. Lalu sambil startup berjalan, kita harus terus belajar mengembangkan startup tersebut.

Dunia startup berbasis digital sangat kompetitif, karena semakin hari teknologi semakin berkembang. Seperti contoh, saat ini sudah menjamur usaha berbasis travel di Indonesia yang saling berkompetisi dalam berbagai hal agar dapat terus memenangkan pasar. Contoh lainnya ialah industri keuangan berbasis teknologi (fintech) yang cepat berkembang di Indonesia, lantaran saat ini sudah tumbuh 160 perusahaan. Banyak celah dari perbankan konvensional yang dapat diambil oleh pelaku startup.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital membantu kamu memvalidasi asumsi-asumsi kamu akan pengembangan produk. Selain itu gerakan ini juga membantu agar ide kamu menjadi konsep bisnis yang valid, mampu mengidentifikasi pelanggan yang pas, membantu pelanggan selalu ada dan dapat diperbesar jumlahnya, dan juga membantu supaya bisnisnya terus bertumbuh.

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *