Resensi 101 Dosa Penulis Pemula : Menginsyafkan Penulis Pemula

Buku 101 Dosa Penulis Pemula
Bersama Penulis Isa Alamsyah
Judul                      : 101 Dosa Penulis Pemula
Penulis                   : Isa Alamsyah
Penerbit                 : AsmaNadia Publishing House
Tebal                     : 336 halaman
Cetakan                 : –1, Juni 2014
ISBN                     : 978-602-9055-24-5
“Apa motivasimu dalam menulis? Temukan alasan yang kuat dan kamu akan meluncur ke papan atas bersama para penulis hebat”
 
Setiap orang dapat menjadi penulis. Menjadi seorang penulis handal tidak hanya bermodalkan rajin menulis saja, ada beberapa aspek yang harus dilihat seperti mengurangi kesalahan dalam tulisan kita. Edukasi bagaimana kepenulisan yang benar dan belajar dari kesalahan sendiri maupun orang lain sehingga terhindar dari kesalahan yang sama juga penting. Banyak orang bisa menulis, tapi tidak bisa atau tidak maumengajarkan cara menulis yang baik. Ada orang yang sangat mengetahui teori kepenulisan karena sering membaca maupun mengikuti workshop kepenulisan, tapi tidak bisa menulis dengan baik. Buku ini hadir sebagai kepedulian Isa Alamsyah akan dunia kepenulisan.
 
Mengambil intisari dari workshop menulis istrinya, Asma Nadia, Isa Alamsyah menyampaikan kesalahan-kesalahan penulis pemula. Penulis mengamati kesalahan penulisan berdasarkan tulisan dari penulis-penulis pemula yang di posting dalam grup komunitas online miliknya, Komunitas Bisa Menulis yang didirikan sejak 2013 dengan member aktif lebih dari sembilan puluh ribu orang.
Dalam buku ini, penulis sengaja menggunakan kata berkonotasi ‘dosa’ yang dalam artian sebenarnya adalah ‘kesalahan’. Topik ‘dosa’ di buku ini beragam, seperti kesalahan pada opening, ending, konflik, detail, ide, narasi, diksi, setting, dialog, POV (Point Of View) , dialog, alur, maupun pesan dari tulisan tersebut, hingga mental penulis yang naik turun. Apabila kita perhatikan di buku ini, penulis pemula rata-rata memiliki kesalahan yang seragam, seperti serangan Aku, serangan Nama, pemilihan kata-kata, kebingungan bagaimana memulai sebuah tulisan, dan sebagainya.
Tak sekedar memuat kesalahan yang biasa dilakukan penulis pemula, buku ini juga dilengkapi dengan solusi untuk menghindarinya. Kelebihan dari buku ini ialah setiap dosa yang ada diklasifikasi sesuai tema sehingga memudahkan pembaca untuk membacanya. Dilengkapi dengan contoh kesalahan yang dilakukan penulis pemula dari komunitas kepenulisan miliknya, lalu menggunakan bahasa yang ringan dan tidak menggurui, buku ini menjadi panduan yang cocok dan mudah dipahami bagi penulis pemula untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang umumnya terjadi ketika kita baru belajar menulis. Selain itu, buku yang diselesaikan hanya dalam waktu tujuh hari ini dilengkapi juga dengan tips dan trik singkat dalam menulis.
Secara keseluruhan, buku ini bagus sebagai pegangan dasar para penulis pemula karena masih jarang buku Indonesia yang membahas teori kepenulisan dengan bahasa yang ringan dan dikemas secara menarik. Meskipun untuk pengembangan keilmuan, penulis harus tetap mencari referensi lainnya. Buku ini cocok dibaca untuk semua kalangan, baik penulis pemula bahkan penulis profesional sekalipun sebagai self-reminder agar tidak ada lagi ‘dosa-dosa’ selanjutnya.

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *