Resensi Buku : StartupPedia, Membangun Startup Ala Silicon Valley by Anis Uzzaman

 Judul                   : StartupPedia, Membangun Startup Ala Silicon Valley
Penulis                 : Anis Uzzaman
Penerbit               : Bentang
Tahun Terbit        : 2015
Jumlah Hal          : 249

Di Indonesia, penulis melihat tren mendirikan startup sedang masif. Anak muda yang baru lulus kuliah cukup banyak yang memilih mendirikan perusahaan rintisan sendiri. Ia yakin Indonesia bisa menjadi lebih besar dari Silicon Valley.
Buku ini ialah sebuah panduan membangun startup ala Sillicon Valley dari Anis Uzzaman, CEO dan General Partner dari Fenox Venture Capital. Dari pengalamannya sebagai pemodal ventur lebih dari 50 startup di seluruh dunia, penulis tahu apa yang dibutuhkan sebuah startup untuk berkembang.
Buku ini menjelaskan poin-poin penting untuk membangun sebuah startup, seperti pengertian startup, apa yang diperlukan untuk mendirikan startup, tips pendanaan, dan tips mengembangkan startup khususnya di Asia Tenggara. Menurut penulis, tim startup di wilayah ini dikenal memiliki ide yang lebih kreatif serta inovasi yang luar biasa, tetapi startup di Asia Tenggara masih terlihat sulit untuk menuju Silicon Valley.
Menurut penulis, modal yang harus dimiliki startup ialah model bisnis, strategi pengembangan, dan manajemen perusahaan yang seringkali kurang menjadi perhatian para pendiri pemula startup. Selain itu juga pastinya perlu memperhatikan ide, layanan, dan modal. Penulis memaparkan bahwa beberapa hal ini perlu Anda ketahui sebelum mendirikan startup, yakni siapa kompetitornya, apa yang membuat produk Anda berbeda dengan kompetitior, siapa rekanan potensial Anda, siapa calon akuisisi potensial Anda, analisis competitor seperti apakah sudah ada produk serupa dipasaran, juga masalah apa yang berusaha dipecahkan produk tersebut, juga bagaimana cara memecahkan masalahnya.
Dalam buku ini terdapat enam elemen dasar yang dibutuhkan dalam membangun startup sehat dan berkelanjutan, antara lain membangun tim, menciptakan produk, melindung produk dengan paten, memasarkan produk, merencanakan strategi pembiayaan dan menetapkan exit strategy. Topik yang dibahas di buku ini cukup unik sehingga menambah khazanah pengetahuan pembaca lebih banyak tentang startup.
Penulis yakin bahwa menemukan tim yang tepat adalah kunci terpenting dalam membentuk startup. Tim yang baik adalah yang bersemangat, fleksibel, dan jujur. Tim juga harus memahami kultur perusahaan dan bersama-sama mewujudkan visi CEO-nya bagi kemajuan perusahaan. Penulis dalam bukunya memberi contoh bagaimana kisah sukses kerjasama tim antara Mark Zuckerberg dan Sandberg untuk mengembangkan Facebook.
Selain itu terdapat tips dari penulis, bahwa jika Anda berhasil merekrut orang yang lebih pandai daripada Anda, startup akan memiliki potensi sukses lebih tinggi. Selain itu Anda juga perlu merekrut orang dengan keterampilan manajemen yang baik untuk bertindak sebagai CEO. Penulis juga memaparkan segitiga penting dalam mengembangkan startup yaitu penyatuan ide, pengkodean, dan simulasi respon atas produk yang harus dilakukan secara seksama. Begitu pula dalam unsur pemasaran harus dikerahkan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan startup dan dilakukan secara efektif, agar meningkatkan popularitas dan menggenjot profit.
Buku ini menjelaskan hal-hal yang wajib diketahui pelaku startup dengan jelas dan detail bagaimana membangun startup dari awal hingga akhir perjalanan agar sukses. Selain itu, membahas pula contoh kasus bagaimana perkembangan berbagai startup di seluruh dunia, seperti dropbox, evernote, dan lainnya dari nol hingga menjadi besar. Buku ini juga dilengkapi dengan bagan dari tahapan yang mudah dipahami oleh pembaca pemula. Buku ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau terjun membuat startup.

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *