Resensi Buku : Makelar Rezeki by Jamil Azzaini

Judul                     : Makelar Rezeki
Penulis                  : Jamil Azzaini
Penerbit                : Mizania
Tahun Terbit         : 2012
Jumlah Hal           : 187
Makelar Rezeki membahas bagaimana cara agar kita menjadi sukses. Jika Anda ingin sukses, sukseskanlah orang lain. Kalau Anda ingin bahagia, bahagiakanlah orang lain. Dengan prinsip menjadi makelar rezeki, maka selain kita menjadi sukses, kita juga dapat sekaligus membahagiakan dan menginspirasi orang lain untuk ikut menjadi sukses. Selain ikut kita pasti akan merasakan hidup di dunia ini menjadi semakin mudah, meningkatkan asset tak tampak seperti pahala, hidup di dunia semakin berarti, menjadi perantara untuk menyelesaikan masalah orang lain, dan masuk surga.
Kunci awal makelar rezeki ditawarkan penulis adalah kejujuran. Orang yang telah berpegang pada kejujuran maka kan melahirkan kapasitas pribadi yang berkualitas serta loyalitas yang tinggi. Sedangkan kunci kedua ialah fokus dengan rumus 80:20. Artinya 80{2f41a4c0b2caa35a0c70acee0798640a3f54e03e5d68cbea5fd3fa6ac59d3cc4} energi kita gunakan khusus pada bidang yang kita geluti, sedangkan energi 20{2f41a4c0b2caa35a0c70acee0798640a3f54e03e5d68cbea5fd3fa6ac59d3cc4} sisanya bisa digunakan untuk yang lain. Boleh saja BJ Habibie bermain basket atau bernyanyi lagu Ebiet. Tetapi waktu yang dihabiskan pasti lebih banyak di bidang pesawat terbang.
Berbagai kisah dan kutipan inspiratif dapat ditemukan di buku ini. Seperti permasalahan banjir di Jakarta. Jika kita berpikir, “Ah, tidak apa-apa membuang sampah sembarangan, kan, hanya satu kertas tidak akan menimbulkan banjir…” maka ketika seluruh penduduk Jakarta berpikir seperti seperti itu, sampah akan menumpuk dan menimbulkan sumbatan saluran air dimana-mana. Begitu pula bagaimana aktivitas orang sukses. Seperti pepatah Korea yang berbunyi “Orang-orang hebat itu bangun di saat orang lain tidur.” Hal ini sebanding karena balasan dari perbuatan yang kita lakukan bergantung dari jenis energi yang kita keluarkan. Disaat orang lain berdiri, dia berjalan. Di saat orang lain berjalan, ia berlari. Ketika orang lain berlari, ia terbang. Maknanya, tindakan Anda sehari-hari itulah cerminan diri Anda sebenarnya.
Modal sukses itu dihitung dari 3 hal, yakni bagaimana hubungan kita dengan diri kita, bagaimana hubungan kita dengan orang lain, dan bagaimana hubungan kita dengan Sang Maha Pencipta. Sungguh Sang Pencipta membenci orang-orang yang pandai berkata, namun tidak melakukannya. Jika masa depan bukan misteri, akan menjadi mudah. Jika hidupmu sangat mudah, kau tak akan bernilai tinggi.
Gunakan bahasa yang membumi, yang mampu membuat segala lapisan masyarakat memahami perkataan Anda sehingga memudahkan Anda menjadi makelar rezeki dan mengajak orang lain ikut menjadi makelar rezeki. “Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silahturahim.”
Sibuklah menjalani hidup Anda sebagai pemain dan bukan sebagai komentator kehidupan orang lain. Bila tidak, suatu saat Anda akan menjadi bahan tertawaan orang sebagaimana burung beo dalam cerita yang dibahas di buku ini. Maka menjadi penonton dan komentator tidak akan membawa perubahan positif dalam hidup. Hidup bukan hanya tentang aku, hidup juga tentang orang-orang disekitar kita, bangsa dan negara tempat kita hidup, bumi yang kita pijak, dan tentang kita.
Buku ini menjelaskan dengan gaya bahasa yang simpel, renyah, dan mudah dipahami, juga diselingi beberapa kisah inspiratif yang bisa pembaca ambil hikmahnya. Penulis ingin memberitahu kepada kita para pembaca, bahwa hidup di dunia tidak hanya untuk ‘aku’ tetapi untuk ‘kita’. Disamping tulisannya yang ringan, buku ini hanya menjelaskan gambaran umum. Sesungguhnya sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat kepada orang lain. Secara keseluruhan, buku ini mampu membuka pikiran pembaca untuk lebih empati kepada orang lain, maka hal tersebut akan mengubah diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses.

Post Author: Altifani R. Hayyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *