Akhir-akhir ini penjualan produk atau jasa secara online kian marak. Pembeli maupun
penjual harus saling waspada dan berhati-hati agar tidak ada yang dirugikan.
Berikut adalah 8 tips berjualan online
agar dagangan anda cepat laku:
1. Miliki website / blog professional yang jelas info produk
atau jasa yang dijual, juga tercantum nomor handphone, pin BB (pin BB saya 766e5ca1, add ya :)), YM, maupun email
yang bisa dihubungi. Buatlah formulir pemesanan produk pada website / blog
dengan tool gratis, seperti google
drive (cara memasang formulir pemesanan pada blog klik disini). Pasanglah widget status online YM, widget akun twitter dan facebook. Loading time website / blog wajib
diperhatikan, mengingat jika cukup lama pembeli akan malas membukanya.
Minimalisir hiasan yang tidak perlu.
2. Beriklan di forum jual beli dan website jual beli seperti
kaskus, indowebster, detik forum, tokobagus, berniaga, bukalapak (cara beriklan di forum dan web jual beli klik disini). Iklan anda
akan lebih luas dilihat orang karena website tersebut banyak pengunjungnya.
Beriklan dengan mencantumkan info produk atau jasa yang jelas, tidak
bertele-tele, dengan mencantumkan foto asli dan kontak yang dapat dihubungi.
3. Miliki akun twitter dan facebook, juga fanspage facebook. Hal ini diperlukan
karena social media sangat
potensial untuk menjaring pembeli, terutama pengguna dua social media yang telah disebutkan diatas. Berikan informasi yang
berguna bagi calon pelanggan anda, misalkan toko online anda berjualan flashdisk, maka berikan informasi bagaiman
cara membedakan flashdisk asli atau palsu, dan sebagainya.
4. Hadapi pembeli dengan ramah dan membalas SMS / YM / BBM / Twitter
/ FB dengan cepat. Karena jika anda lama membalas, pembeli akan segera mencari
penjual yang lain.
5. Anda harus bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami
pelanggan. Misalnya paket pengiriman belum sampai-sampai, produk / jasa yang
diterima berkondisi reject, dan
sebagainya. Selalu bersikap ramah agar pembeli semakin yakin dan percaya dengan
anda.
6. Miliki testimonial. Jika produk / jasa telah diterima
pembeli, hubungi dia untuk memberikan testimonial. Jika pelayanan anda memuaskan,
pembeli pasti bersedia memberikan testimonialnya.
7. Terima rekber (serba serbi rekber klik disini), jika pembeli meminta dan transaksi cukup
besar. Rekber (rekening bersama) adalah perantara antara penjual dan pembeli.
Pembeli akan memberikan uang kepada rekber, lalu penjual mengirimkan produk /
jasa kepada pembeli. Setelah sampai, pembeli mengkonfirmasi kepada rekber, lalu
rekber mengirimkan uang pembeli kepada penjual.
8. Di dunia twitter, endorse
artis (apa itu? klik disini) sudah biasa. Berikan produk anda secara cuma-cuma kepada artis / tokoh
terkenal yang biasa memberikan jasa endorse
lewat akun twitter mereka. Setelah produk sampai, mereka memberikan foto
dirinya beserta produk anda disertai testimonial.
mantab sob, makasih artikelnya...
ReplyDeletehttp://www.tokoobatku.com/obat-penyakit-stroke-herbal-ampuh/